Google
Web This Blog

Cbox

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

Senin

Memahami Asam Urat

10 Kiat Mudah Memahami Asam Urat

10 Kiat Mudah Memahami Asam Urat

Gangguan asam urat [artritis gout] seringkali dialami oleh 3-5 persen penduduk berusia lebih dari 40 tahun. Berdasarkan parameter laboratorium, disebut hiperurisemia [kadar asam urat dalam darah meningkat], bila konsentrasi urat serum lebih dari 7,2 mg/dL untuk perempuan dan lebih dari 8,1 mg/dL untuk pria.

Berdasarkan buku ''The Art of Medicine", untuk mengenali tanda atau gejala asam urat, salah satu poin berikut ini sebagai indikatornya.

1. Meningkatnya asam urat tidak selalu disertai gejala klinis. Jadi bisa saja seseorang penderita asam urat tidak mengeluhkan atau merasakan apapun.

2. Asam urat cenderung dijumpai pada satu sendi, dan bersifat asimetris.

3. Seringkali 90% menyerang sendi di pangkal ibu jari kaki. Sisanya 10% terbagi di lutut, tumit, siku, pergelangan tangan atau kaki, bahu, jari-jemari tangan.

4. Sendi membengkak, terasa nyeri, memerah, terkadang terasa panas, sulit digerakan. Rasa nyeri dapat dirasakan semakin menghebat. Kondisi ini dapat berlangsung selama 8-12 jam.

5. Penderita dapat merasa sangat kesakitan sehingga sulit berjalan dengan normal atau tidak dapat memakai sepatu.

6. Dapat disertai gejala umum berupa demam, lemas, dan menggigil. Namun kondisi ini tidak selalu muncul pada penderita asam urat.

7. Pada pria, asam urat seringkali terjai pada dekade kelima atau keenam. Pada perempuan, asam urat cenderung di usia yang lebih tua atau di usia saat berlangsung menopause [berhenti haid].

8. Dapat dijumpai benjolan-benjolan di bawah kulit yang disebut tofi atau tophus [endapan asam urat di sekitar sendi], yang muncul sekitar 12 tahun sejak serangan gout pertama. Tofi dapat ditemukan di seluruh tubuh, telinga, jari-jemari tangan, pergelangan tangan atau kaki, siku, lutut.

9. Asam urat bila dibiarkan begitu saja bisa menjadi kronis [menghebat]. Perlu diingat bahwa tanda-gejala asam urat tidak dapat menghilang begitu saja, dengan kata lain penderita tidak dapat  sembuh sendiri, perlu terapi dokter.

10. Bila berlanjut, maka gout dapat menjadi batu ginjal atau gagal ginjal progresif.

Bila Anda mengalami salah satu dari sepuluh poin di atas, segeralah memeriksakan diri ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar