Google
Web This Blog

Cbox

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

Senin

Agar Tahan Rasa Haus Selama Puasa

Agar Kuat Tahan Dahaga Selama Puasa



Haus merupakan godaan terbesar dalam menjalani ibadah puasa. Maka itu, harus tahu cara supaya bisa menahan dahaga.

Kurang dari 30 hari lagi, bulan Ramadan tiba. Itu artinya, umat Islam di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa.

Dalam menjalani ibadah puasa, lapar mungkin bisa di tahan. Namun haus, beda ceritanya. Terlebih saat puasa, dahaga akan lebih dahsyat terasa.

 Ini bisa terjadi karena tubuh tidak mendapat asupan air selama lebih dari 12 jam. Sementara air sendiri merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Makanya, saat sahur kita dianjurkan untuk minum banyak air putih. Dengan begitu, dehidrasi pun bisa terhindari. Tapi jika Anda tetap merasa kesulitan menahan dahaga saat puasa, mungkin bisa mencoba beberapa tips agar tak mudah haus seperti yang dikutip dari viva.co.id berikut ini.

Cukupi kebutuhan air

Dengan mencukupi kebutuhan air sebanyak delapan gelas per hari, Anda lebih bisa menahan dahaga di siang hari saat menjalani puasa. Maka itu, aturlah pola minum anda saat sahur dan berbuka. Usahakan minum delapan gelas air atau lebih pada kedua waktu makan tersebut. Namun jangan lupa, minumlah secara perlahan. Sebab, mengonsumsi air dalam jumlah besar sekaligus juga tidak baik untuk tubuh.

Kurangi Garam

Jangan menggunakan terlalu banyak garam saat memasak makanan untuk berbuka puasa atau sahur. Hindari pula makanan-makanan yang mengandung garam tinggi, seperti gorengan, makanan kalengan, atau makanan yang diawetkan. Sebab, makanan seperti ini dapat meningkatkan kebutuhan tubuh akan air.

Perbanyak makan buah dan sayur

Buah-buahan serta sayur mengandung air. Maka itu, mengonsumsi buah dan sayur saat sahur dan buka puasa akan mengurangi rasa haus di siang hari.

Hindari air dingin

Saat berbuka, sebaiknya minum air bersuhu normal. Jangan yang dingin. Sebab selain tidak berpengaruh dalam menghilangkan dahaga, air dingin justru beresiko menyebabkan pembuluh darah berkontrasksi dan mengakibatkan gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan inilah yang nantinya akan membuat Anda merasa nyeri dan ingin minum air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar