Google
Web This Blog

Cbox

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

Jumat

Manfaat Daun Salam

Dibalik Manfaatnya yang Berlimpah, Ternyata Ini Efek Samping Daun Salam yang Jarang Diketahui



Meski daun yang biasa digunakan sebagai penyedap masakan ini dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, tapi siapa yang menyangka bahwa kandungan alaminya ternyata memiliki efek samping yang cukup berbahaya.

Meskipun mampu menghasilkan aroma yang mampu membuat masakan menjadi sedap dan harum, daun salam tidak dapat dikunyah atau dikonsumsi langsung karena struktur dasarnya yang tidak dapat dicerna meskipun sudah dikunyah.

Di dalam perut, keadaannya akan tetap utuh meski sudah melewati sistem pencernaan.

Selain baunya yang sedap, daun salam sejak dulu dipercaya memiliki kandungan yang berkhasiat untuk kesehatan manusia.

Namun ternyata, penggunaannya pun harus berhati-hati, karena beberapa penelitian menyebutkan berbagai efek samping daun salam jika dikonsumsi oleh orang dengan kondisi kesehatan tertentu. 

Seperti dikutip alodokter.com daun salam memiliki segudang manfaat, di antaranya adalah:

1. Diduga dapat menurunkan gula darah dan kolesterol

Daun salam mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Berdasarkan sebuah penelitian, satu kapsul suplemen yang mengandung 1-3 gram daun salam yang dikonsumsi tiap hari diduga dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol pada penderita diabetes.

2. Mengobati batu ginjal

Daun salam dipercaya mampu mengurangi jumlah urease di dalam tubuh. Urease adalah enzim yang jika jumlahnya tidak seimbang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti terbentuknya batu ginjal dan gangguan lambung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar