Google
Web This Blog

Cbox

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

Sabtu

Manfaat Daun Suruhan

Seperti Tumbuhan Liar, Tak Disangka Tanaman Ini Bisa Menyembuhkan Berbagai Penyakit - Tribun Pontianak

Daun Suruhan 

Tanaman liar yang umum tumbuh di beberapa tempat seperti dibawah tembok pagar rumah, atau umum juga diperoleh di daerah pegunungan yang berhawa sejuk, Suruhan ternyata memiliki khasiat dan kaya manfaat .

Suruhan sendiri memiliki nama Peperomia pellucida, serta masih tetap berkerabat dengan sirih (piperaceae), memiliki kandungan obat dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Tanaman ini cukup gampang dikenali, tinggi seputar 10-15 cm serta dapat meraih 30 cm, batang lunak berair mengkilat, daun serupa daun sirip lunak serta mengkilap juga. Pada ujung batang umum tumbuh bunga majemuk seperti bunga sirih.

Berdasar pada hasil penelitian dari berbagai sumber, di ketahui bahwa batang serta daun suruhan memiliki kandungan alkaloid, tanin, kalsium oksalat, lemak, serta minyak asiri.

Semua kandungan tersebut memiliki khasiat kesehatan untuk tubuh Anda. Pengobatan herbal atau tradisional sering menggunakan daun suruhan sebagai obat yang diolah dengan cara dihaluskan.

Anda bisa memanfaatkan daun ini sendiri di rumah dengan menanam pohon suruhan di pekarangan rumah.

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat daun suruhan, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan daun ini untuk kesehatan Anda.

1.Mengatasi rasa sakit
Khasiat daun suruhan sebagai obat pereda rasa sakit bisa Anda gunakan ketika beberapa gejala rasa sakit dan nyeri menyerang Anda. Contohnya adalah ketika Anda para wanita sedang mengalami nyeri karena haid.

2. Membunuh kuman bakteri
Khasiat daun suruhan untuk kesehatan akan melindungi tubuh Anda dari kuman dan bakteri. Berkurangnya serangan bakteri serta kuman akan mencegah tubuh Anda dari serangan penyakit menular maupun infeksi.

3. Menyembuhkan sakit perut
Khasiat daun suruhan sangat baik untuk perut yang sering sakit. Jika Anda sering merasakan kram maupun nyeri pada perut, ada baiknya Anda menggunakan daun ini sebagai obat tanpa efek samping yang akan menyembuhkannya.

4. Obat sakit kepala
Khasiat daun suruhan mampu menjadi obat sakit kepala. Penyakit lainnya yang menyerang kepala Anda seperti migraine dan vertigo pun dapat diatasi dan dicegah dengan daun bermanfaat yang satu ini.

5. Mengatasi pusing
Gejala pusing dan kepala yang terasa berputar-putar perlu segera diatasi. Cobalah menggunakan daun suruhan untuk menyembuhkan kepala Anda yang pusing. Jangan lupa untuk beristirahat dengan lebih teratur.

6. Obat nyeri
Salah satu kelebihan dari daun suruhan yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah menjadi obat nyeri yang ampuh. Penyakit seperti nyeri otot, nyeri sendi, dan nyeri lainnya dapat diobati dengan daun ini.

 7. Menjaga kesehatan saluran kemih
Daun suruhan juga bisa menjaga kesehatan saluran kemih Anda. Daun ini akan mengusir kotoran serta bakteri yang menempel pada saluran kemih agar tidak mengganggu kesehatan saluran ini.

8. Mengatasi pegal linu
Rasa letih serta pegal dan linu akan membuat tubuh Anda menjadi lemas dan tidak berenergi. Untuk membangkitkan stamina tubuh Anda kembali, cobalah untuk mengonsumsi daun suruhan dengan teratur.

9. Obat asam urat
Penyakit asam urat pun dapat disembuhkan dengan daun suruhan. Rebuslah daun ini dan minumlah air rebusannya setiap hari. Daun ini ampuh untuk mengobati asam urat dan mencegahnya datang kembali.

Serta dapat dijadikan sebagai anti inflamasi alami. Anti inflamasi merupakan kemampuan daun ini untuk menyembuhkan peradangan dan mencegahnya menyerang tubuh Anda kembali.

Selain itu, daun suruhan juga bisa mengatasi luka bakar serta terpukul, penyakit ginjal dan berbagai penyakit lainnya.

Semoga  Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar